Skip Loading

Bisakah menampilkan Google Adsense pada Aplikasi Facebook

Apakah anda pernah membuat aplikasi facebook yang memiliki banyak pemakai dan ingin menghasilkan uang dari situ? Atau klien anda ingin aplikasi Facebook yang anda buat menampilkan adsense milik mereka? Baca artikel ini dulu sebelum melakukannya.

Aplikasi facebook pada dasarnya ada 3 macam, yaitu facebook connect, canvas dan mobile. Untuk facebook connect dan mobile tidak ada masalah bila anda ingin menampilkan iklan Adsense atau provider lainnya di situ. Karena pada 2 macam aplikasi tersebut, pada intinya anda hanya memanfaatkan facebook sebagai alat untuk login saja.

Pada aplikasi canvas facebook, aplikasi Anda akan tampil pada website facebook dengan menggunakan iframe. Lihat gambar di bawah:

Secara teknis, mudah saja untuk menampilkan adsense pada aplikasi facebook, anda tinggal menambahkan kode script dari adsense. Tidak ada hal yang rumit..

Namun anda sebaiknya tidak melakukan hal tersebut, karena 2 alasan, yaitu:

1. Hal ini melanggar Google Adsense program policies, yang menyatakan anda tidak boleh menampilkan adsense dalam iframe.

Pelanggaran terhadap hal ini dapat menyebabkan Google memblokir akun Adsense anda.. hmm tentunya anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Menurut pengalaman saya, Google cukup serius dalam pelanggaran seperti ini. Walaupun tidak langsung ketahuan, namun ada saatnya anda akan menerima surat cinta dari Google.

2. Hal ini melanggar ketentuan Facebook mengenai iklan. Facebook mempunyai ketentuan bahwa iklan yang boleh muncul pada halaman facebook, hanya yang berasal dari ad provider yang sudah disetujui oleh facebook. Dan Google Adsense tidak termasuk.. mungkin hal ini berhubungan juga dengan kebijakan Adesense di atas. Facebook akan mengirim email apabila ditemukan pelanggaran ini dan aplikasi Anda tidak dapat digunakan sampai anda melakukan perubahan.

Jadi, mengingat dua poin  di atas, menurut pendapat saya menempatkan Google ADSENSE pada aplikasi FB  adalah TIDAK bijaksana. Jika Anda memutuskan untuk melakukannya, Anda akan melanggar syarat dan ketentuan Google Adsense dan Facebook.
Akibatnya, Facebook dapat memblokir aplikasi Anda dan Google dapat menonaktifkan akun Adsense Anda. Keputusan ada di tangan Anda.

www.paulussetyo.com

Comments ( 0 )
Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *