Skip Loading

[JQUERY] Perbedaan antara $(window).load(function() dan $(document).ready(function()

Bila anda sering menggunakan jquery, maka adakalanya kita menjumpai kode yang diletakkan pada $(document).ready(function(), namun ada pula kode yang diletakkan pada $(window).load(function(). Sebenarnya apa perbedaannya?

$(document).ready(function() adalah event dari jquery yang dijalankan ketika kode html sudah didownload seluruhnya dan DOM (Document Objet Model) sudah dibaca oleh jquery. Artinya jquery sudah dapat memanipulasi element2 html, seperti hide/show sebuah elemen. Namun belum tentu semua kontent website sudah didownload, seperti image.

beberapa persamaan dari $(document).ready(function() adalah:

$(function(){
}); 

jQuery(document).ready(function(){
});

$(document).on('ready', function(){
})

Sedangkan $(window).load(function() dijalankan setelah semua konten html sudah didownload. Hal ini sama dengan kita menggunakan <body onload="myOnloadFunc();">. Misalnya kita ingin mengetahui height dari suatu div yang memiliki beberapa image, yang tentunya baru dapat diukur dengan tepat setelah semua image ditampilkan.

Jadi $(window).load(function() di jalankan setelah $(document).ready(function(). Perbedaan waktunya sangat terasa pada website yang memiliki banyak image. Pada browser biasanya title bar tidak lagi menunjukkan progres loading.

www.paulussetyo.com

Related Posts


Comments ( 0 )
Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *