Skip Loading

Tips publish aplikasi Android di Play Store untuk Pemula

Sudah mencoba membuat aplikasi android dan berencana untuk mempublishnya di Google Play Store untuk pertama kali? Baca tips berikut agar aplikasi tersebut sukses dan terutama tidak di suspend oleh Google. Sangat penting untuk menyiapkan benar-benar aplikasi Anda sebelum di publish, karena begitu dipublish anda tidak dapat mengontrol rating dan komentar orang-orang yang mencoba aplikasi Anda. Rating yang kecil dan komentar negatif akan mempengaruhi orang lain untuk menginstall aplikasi anda.

1. Uji aplikasi anda di emulator untuk berbagai versi Android

Pastikan aplikasi Anda berjalan baik disemua versi Android di emulator. Toh pengujian di emulator gratis dan mudah. Dan uji juga untuk berbagai ukuran screen, terutama untuk tablet.

2. Uji aplikasi anda di ponsel/tablet dengan berbagai versi Android

Bagaimanapun emulator dan device beneran memiliki perbedaan. Produsen ponsel seringkali memodifikasi sytem Android. Pinjam ponsel teman, saudara, adik, kakak, dst..

3. Pastikan aplikasi Anda memenuhi Google Play Developer Content Policy

Secara singkatnya aplikasi anda tidak boleh:

  • Mengandung materi seksual explisit seperti pornografi, konten erotis,apalagi pelecehan terhadap anak.
  • Melanggar hak cipta intelektual, seperti menyediakan konten bajakan, pelanggaran hak paten, merek dagang, rahasia dagang, hak cipta, dan hak kepemilikan lainnya.
  • Mengandung konten kekerasan atau penindasan
  • Menyediakan/memfasilitasi perjudian
  • Mengandung konten yang berisi aktifitas illegal yang bertentangan dengan undang-undang, seperti menyediakan obat resep tanpa dokter, membuat bom, dll
  • Peniruan Identitas atau Perilaku Menipu, nah ini cukup penting, jadi jangan berlaku seperti perusahaan lain atau aplikasi lain, sepeeti menggunakan logo/icon yang mirip, menggunakan screenshoot yang berisi logo/photo orang lain, menggunakan nama aplikasi yang mirip dengan aplikasi lain

Pelanggaran dari hal-hal di atas akan menyebabkan apliaksi kita tiba-tiba di suspend oleh Google, bisa tanpa peringatan sebelumnya. Bayangkan jika kita sudah mendulang ribuan download dan disuspend, yang bisa kita lakukan hanyalah menangis tersedu-sedu.

4. Masa Expired Keystore

Sebelum mengexport aplikasi Android dalam bentuk apk, buat certificate yang memilki masa expired panjang. Buat saja sampai 100 tahun atau lebih, toh sama saja prosesnya. Kalau terlalu pendek, misalkan 10 tahun, maka ketika expired, Anda tidak dpat mengupload update aplikasi anda, karena Anda harus membuat certificate baru, yang tentunya membuat apk anda memiliki certificate yang berbeda dengan yang sudah dipublish.

5. Uji aplikasi anda dalam bentuk apk di ponsel/tablet dengan berbagai versi Android

Bila Anda mengaktifkan proguard ketika mengcompile apk, maka proguard akan melakukan perubahan pada source code Anda. Kadang-kadang bila konfigurasi tidak tepat dapat mengakibatkan masalah ketika aplikasi diinstall. Oleh karena itu install apk ini diberbagai ponsel sebanyak mungkin, untuk mendeteksi adanya masalah.

6. Menyiapkan listing di play store

Ketika anda sudah yakin benar bahwa aplikasi anda sudah siap untuk dipublish, kini saatnya menyiapkan listing untuk play store

  • Siapkan screenshoot yang melihatkan fungsi menarik dari aplikasi anda. Siapkan juga screenshoot untuk tablet. Bila Anda tidak memiliki tablet, gunkan saja Emulator, lalu tekan tombol prinscreen untuk mengcapture tampilan Windows.
  • Siapkan featured graphic denagn ukuran 1024 x 500. Buat desain yang terlihat professional sehingga mengundang orang untuk menginstall aplikasi Anda. Featured graphic ini yang akan muncul di tampilan Play Store, ketika orang melihat detail aplikasi Anda.
  • Buat Short description yang singkat dan menarik.
  • Buat Description yang menjelaskan fitur-fitur aplikasi Anda. Deskripsi ini juga dipakai google sebagai keyword yang menentukan urutan aplikasi anda dalam hasil pencarian. Namun yang harus diperhatikan adalah jangan melakukan keyword stuffing, yaitu mengulang-ulang keyword yang tidak relevan dengan deskripsi aplikasi, dan juga jangan memasukkan nama apikasi lain yang sudah ada di play store, seperti "game ini mirip dengan angry bird loh". Pelanggaran akan hal ini akan membuat listing aplikasi kita ditunda, sampai kita melakukan perbaikan.

Note: Dalam hal-hal policy ini Google adalah dewa, dimana kita tidak dapat berbuat lain hal, kecuali mematuhi peraturannya.

7. Ketika sudah mempublish aplikasi

Ketika Anda sudah mempublish aplikasi, yang dapat Anda lakukan adalah menunggu sampai aplikasi sudah ada di Play Store, butuh waktu beberapa jam. Bila ada pelanggaran policy, Google akan mengirimkan email pemberitahuan.
Apabila sudah terlisting di Play Store, yang anda lakukan pertama adalah menginstall aplikasi Anda, lalu berikan komentar yang bagus dan kasih 5 bintang, juga klik icon +1.. Juga suruh teman-teman, saudara, isitri, pacar, adik, kakak, selingkuhan dll, untuk melakukan hal yang sama. Semakin banyak rating dan komen positif, maka orang lain akan lebih terdorong untuk mencoba aplikasi Anda.

Selamat mencoba...

www.paulussetyo.com

Comments ( 02 )
  1. bram
    Thu, 27 April 2017 21:28

    gan gmana ya cara apus aplikasi yang sudah di tolak di play store karna tidak memenuhi syarat saya devolover baru jadi agak kurang paham

    • Author
      Fri, 28 April 2017 01:21

      tidak bisa di hapus gan..

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *